Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Blogger Pemula - Seorang pemblogger pasti mengalami yang namanya kesulitan saat dia baru pertama kali terjun ke dunia blogging. Kebanyakan dari mereka tidak tahu mau diapakan blog ini selanjutnya. Apakah anda mengalami hal yang sama ?

Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Blogger Pemula
sumber gambar: http://aku-iki.blogspot.com
Bagi Admin sendiri juga pernah mengalami hal yang sama, namun dengan berjalanya waktu sedikit demi sedikit mulai tahu tentang apa itu blogging, senang dan susah dirasakan saat belajar memahai dunia blogging ini.

Hal yang menyenangkan ketika belajar memahami dunia blogging

  • Banyak memperoleh ilmu
  • Menjadi lebih tahu
  • Memperoleh banyak teman di dunia maya

Sedangkan hal yang kurang menyenangkan seperti

  • Tidur larut malam
  • Tidak fokus terhadap kuliah (saya mahasiswa), sehingga nilai yang didapat mengecewakan
  • Banyak waktu terbuang untuk belajar memahami dunia blogging ini
Lalu apa yang didapatkan setelah anda belajar memahami sebuah blog yang pada awalnya tidak tahu apa-apa ?

Baca artikel tentang inspirasi membuat artikel bagi blogger pemula

Sebuah proses yang panjang untuk bisa memahaminya, dapat disimpulkan bagaimana langkah  yang harus diambil ketika menjadi seorang blogger pemula.

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai blogger pemula


1. Belajar membuat artikel

  • Membuat artikel memang bukan perkara mudah, kita harus pandai-pandai menemukan idea yang mampu menarik pengunjung.
  • Setelah idea-idea di dapat, kita berfikir bagaimana membuat kalaimat-kalimat yang berkaitan dengan idea-idea tadi. Menurut saya ini merupakan bagian tersulit dalam menulis sebuah artikel

2. Merubah tampilan blog


Rubahlah tampilan blog anda dengan warna-warna yang cerah, buatlah pengunjung nyaman untuk berada di blog anda yang pada akhirnya mereka mau kembali untuk melihat dan merasakan betapa indah dan nyamanya blog kita.

Hal yang perlu diperhatikaan saat merubah tampilan blog


Buang widget yang tidak perlu, banyak widget yang terpasang akan mempengaruhi kecepatan suatu blog. Pengunjung tidak akan segan-segan menutup blog anda, pengunjung tidak mau buang-buang waktu untuk menunggu blog yang belum tahu informasi yang di cari terdapat di blog kita. Pengunjung berfikir : "masih banyak blog yang lebih baik dan nyaman".

3. Promosikan blog 

  • Cara yang cukup umum dan mudah untuk mempromosikan sebuah blog dengan melalui media sosial. Sebagai contoh Facebook dan Twitter. Dengan rajinnya promosi blog pengunjung pun akan berdatangan. Usahakan dalam berpromosi pakailah kata-kata yang menarik perhatian pengguna media sosial agar mereka tertarik. Dalam berpromosi juga terdapat aturan-aturan yang mana harus dipatuhi misalnya jangan melakukan promosi secara berlebihan yang mana akan menimbulkan spam. Sebagai saran batasi promosi dengan intensitas 2-3 kali dalam sehari (untuk media sosial).

  • Cara yang cukup praktis dan multifungsi adalah dengan blogwalking. Blogwalking adalah berkunjung ke blog tetangga untuk membaca dan meninggalkan komentar dengan harapan blog yang dikunjungi mau berkunjung balik ke blog kita. Blogwalking mampu meningkatkan jumlah pengunjung, namun di sisi lain blogwalking juga mempunyai manfaat yang tidak kalah penting yaitu menjalin persaudaraan antara blogger satu dengan lainya.

4. Update artikel secara rutin


Bagian ini adalah yang paling penting. Konsistensi dalam membuat artikel harus dibutuhkan. Mengapa demikian ?

Banyak orang mengatakan "Konten adalah Raja", namun untuk melakukan ini butuh kerja keras dan ketekunan. Membuat artikel memang bukan perkara mudah, banyak waktu yang harus di habiskan untuk kegiatan ini.

Itulah langkah yang harus di ambil seorang blogger pemula, semoga dengan membaca artikel di atas, blogger pemula mampu berfikir terhadap langkah selanjutnya yang akan di ambil untuk kesuksesan blog yang telah dia buat. Tetap semangat !!!