Pernahkan anda berniat pensiun dari dunia pembloggeran ?
Apa yang menyebabkan anda berniat pensiun dari kegiatan itu ?

Menanggapi pertanyaan di atas faktor yang mungkin membuat seseorang pensiun dari dunia blogging adalah :

1. Kejemuhan seseorang terhadap kegiatan itu

Mungkin pertama kali membuat blog kita selalu bersemangat dalam artian bersemangat untuk membuat artikel, namun setelah kurun waktu 3-4 bulan bagaimanakah perasaan anda ? Apakah masih bersemangat ?

Kebanyak pemblogger akan jenuh karena kegiatan yang dilakukan selalu sama dan berulang-ulang. Seperti pepatah "Apapun kegiatan yang di lakukan entah itu menyenangkan atau tidak menyenangkan pasti ada titik dimana kita akan merasa bosan".

2. Tidak kunjung mendapatkan penghasilan

Bagaimana jika anda bekerja namun tidak kunjung mendapatkan penghasilan ?
Banyak orang pasti akan meninggalkan pekerjaan itu. Sama halnya dengan blogging, apabila kegiatan tersebut tidak kunjung mendapatkan penghasilan tentunya kita akan berhenti juga.

Sebagai salah satu contoh waktu ini adalah banyak pemblogger pensiun dari aktivitas keseharianya karena ditolak oleh Google Adsense.  Berbagai tips dan trik untuk diterima Adsense telah dilakukan namun hasil yang didapat mengecewakan.

Banyak pemblogger memang menyarankan dalam membuat blog, prinsip utamanya adalah berbagi manfaat bukanya mencari sebuah penghasilan, namun kita tidak boleh munafik dalam artian melakukan sebuah kegiatan tanpa imbalan sangat meyebalkan. Apakah anda juga berpendapat begitu ?

3. Blog terkena banned

Ini adalah faktor paling besar yang mempengaruhi seseorang untuk berhenti dari dunia blogging. Bagaimana perasaan anda jika blog yang anda rawat selama berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun hilang dalam sekejap ? Pastinya orang tersebut akan marah dan langsung meninggalkan pekerjaan itu.  

Itulah tiga alasan orang berhenti melakukan kegiatan blogging.
Kegitan blogging memang sangat sulit namun jika kita mau berusaha dan memiliki jiwa pantang menyerah saya kira pekerjaan itu akan mendapatkan imbalan yang sepadan dengan usaha anda. Semangat Terus !!!