Haruskah SEO Dalam Membuat Blog??? - Tak kenal maka tak sayang bukan? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang memiliki arti suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman atau posisi satu di mesin pencarian search engine seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Haruskah seo dalam membuat blog???
Haruskah seo dalam membuat blog???
Banyak pemblogger tahu tentang SEO ini, mereka berlomba-lomba mengoptimalkan SEO sampai-sampai melupakan unsur terpenting dalam blog yaitu membuat artikel berkualitas. Apakah anda salah satu dari mereka yang terlalu mementingkan SEO daripada artikel berkualitas?

Baca artikel tentang Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Blogger Pemula

SEO bukanlah sebuah faktor terpenting dalam membuat sebuah blog. Pernahkan anda mendengar atau membaca bagaimana seorang blogger sukses tanpa mempedulikan SEO? Bila belum pernah, saya akan sedikit berbagi cerita tentang bagaimana seorang sukses dalam dunia blogging tanpa memperhatikan SEO sedikitpun. Semoga dengan cerita ini bisa menjawab haruskah SEO dalam membuat blog?

Haruskah SEO Dalam Membuat Blog???


Dalam sebuah forum saya membaca tentang bagaimana seorang sukses di dunia blogging tanpa sedikitpun memperhatikan SEO. Awalnya seorang ini tidak berniat menekuni dunia blogging bahkan dia tidak tahu soal blogging, dia hanya ingin membagikan hasil karya ciptanya berupa game bernama GTA yang telah dimodifikasi olehnya. Seiring berjalanya waktu game yang telah dimodifikasi dikenal banyak orang dan mereka banyak mencarinya. Apakah yang terjadi?

Dia memiliki pengunjung sekitar 35 ribu lebih untuk setiap harinya, pasti berbanding lurus dengan penghasilan tentunya. Dia mampu meraup penghasilan yang tidaklah sedikit. Hanya dengan modal iseng-iseng membagikan game modifikasi, tanpa disadari blog yang telah dikelola telah sukses. Sudah saya katakan di awal cerita bukan, dia hanya berniat membagikan game modifikasinya tentunya tidak mementingkan hal semacam SEO, malahan tidak tahu sama sekali apa itu SEO.

Setelah membaca cerita di atas, haruskah SEO ada dalam sebuah blog? Emm... Silahkan berfikir tentang SEO ini.

Bagi saya sendiri SEO bukanlah suatu yang paling penting dalam membuat sebuah blog, unsur terpenting adalah konten yang berkualitas disertai dengan usaha pantang menyerah.

Pelajaran yang dapat diambil

  1. Buatlah sebuah blog dengan tema yang anda sukai (ikutilah passionmu).
  2. Berfikirlah untuk memberikan manfaat kepada orang lain, walaupun itu terasa sulit tanpa imbalan.
  3. SEO bukanlah hal paling penting dalam membangun sebuah blog, namun konten berkualitaslah yang merupakan hal terpenting.
Di akhir artikel ini saya ingin menyampaikan sebuah pertanyaan bagi anda, tulis pendapat anda di kolom komentar untuk satu buah pertanyaan Haruskah SEO dalam membuat blog???